Memperbaiki Komputer Tidak bisa Booting Karena Virus

Selasa, 07 Juni 2011



Sungguh sangat menjengkelkan jika komputer yang kita gunakan telah terinfeksi oleh virus, banyak sekali komputer yang sebenarnya telah terserang oleh virus entah itu yang paling ringan atau sekalipun yang paling berat hingga komputer tidak bisa digunakan lagi. Bukan satu atau dua kali saya mengalami hal ini, sering kali cara yang paling manjur untuk mengembalikan komputer seperti semula adalah dengan melakukan Install ulang Windows, namun sering melakukan install ulang pada komputer mengakibatkan masa pakai harddisk turun.
Beruntung saat ini banyak sekali software-software gratis yang bisa digunakan untuk mengatasi komputer yang tak bisa melakukan Boot karena infeksi virus. Aplikasi ini disebut rescue CD yang kebanyakan berbasis OS Linux yang bisa didownload dan langsung di-burn ke CD, setelah komputer boot dari CD kita bisa melakukan scan pada Harddisk serta mengkopi semua file ke remofable disk.

Beberapa Vendor Antivirus yang memberikan software Rescue CD :
Download aplikasi rescue CD dari link diatas, kemudian burn image file ke dalam CD/DVD, bagi yang belum punya software CD/DVD burning download dan install Ashampoo Burning Studio Free. jalankan ashampoo pilih “Create/burn disc images” kemudian “burn ISO”. Setelah itu setting BIOS komputer agar bisa Boot lewat CD/DVD, langkah selanjutnya boot from CD/DVD. Beberapa aplikasi Rescue CD sangat mudah digunakan nisalnya dari Kaspersky dan BitDefender, langkah yang terakhir adalah tinggal melakukan scanning pada harddisk untuk membersihkan virus atau malware lainnya yang ada di komputer. Setelah selesai kita tinggal kembali ke windows jalankan software Windows Utility atau sejenisnya untuk memperbaiki atau menghapus file dan registry yang telah rusak oleh virus.


0 komentar:

Posting Komentar